Gambaranmu Itu dari Cara Bicaramu

Setiap orang tentu memiliki gambaran yang berbeda dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan ada banyaknya orang di muka bumi ini menyebabkan adanya perbedaan penilaian dari masing-masing orangnya. Cara menilai dan menggambarkan dari masing-masing tentu juga akan berbeda, bahkan gambaran mereka bisa sangat jauh berbeda dari apa yang memang kamu rasakan.

Setiap orang tentu akan berusaha untuk bisa memberikan gambaran yang baik tentang dirinya. Beragam upaya yang dilakukan masing-masing orang agar bisa memberikan gambaran baik tersebut. Ada yang dengan memperbaiki penampilannya, merubah sifatnya, merubah cara berfikir, lebih sering berfikir sebelum bertindak, dan lain sebagainya. Tapi ketahuilah bahwa sebenarnya sangat sulit sebenarnya untuk bisa menggambarkan seseorang dengan tepat dalam tempo waktu yang sangat singkat. Orang-orang hanya akan bisa menilai dari apa yang memang terlihat di depan matanya dan apa yang memang terdengar dari telinganya. Sangat tidak mungkin rasanya bisa menilai orang lain secara mendalam tetapi tidak mengenal lebih dalam objek yang dinilai.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi gambaranmu di muka umum. Salah satunya adalah dengan bagaimana kamu berbicara. Baik berbicara di depan umum, maupun berkomunikasi secara personal dengan orang lain. Oleh karena itu melalui tulisan ini, sesuai dengan judulnya, kita akan coba membahas lebih mendalam dengan kekuatan dari sebuah cara berbicara seseorang terhadap penilaian orang lain.

Berbicara bisa memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap penilaian dirimu. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang terus berusaha untuk bisa meng-improve kemampuan public speaking. Ya, dimulai dari mencari tips-tips di internet, membaca buku tentang public speaking, ikut kegiatan seminar seputar public speaking, bahkan sampai rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk ikut kegiatan pelatihan yang memang terfokus untuk pengembangan kemampuan tersebut. Emang pengaruh kemampuan berbicara terhadap penilaian seseorang? Langsung kita ke contohnya deh.

Misalkan ada suatu kontes pemilihan seorang pemimpin, ada salah satu calon yang memiliki sifat yang sangat bagus sekali untuk menjadi seorang pemimpin. Mampu mengendalikan emosi, kritis dalam berfikir, tepat dalam mengambil suatu tindakan, tenang dalam menghadapi segala masalah, dan lain sebagainya. Namun ada satu hal yang menjadi kekurangan dari dirinya yaitu kemampuan berbicaranya di muka umum. Ketika sedang kampanye tentu seorang calon pemimpin ini nantinya harus berbicara di muka umum agar bisa meyakinkan publik agar bisa memilih dia nantinya. Sangat disayangkan, karena kemampuan berbicara dia sangatlah kurang, hal ini menyebabkan ia tampak grogi saat berbicara, tidak tenang, panik, berharap agar sesi ini segera berakhir. Sifat bagus yang ia miliki tadinya tiba-tiba seakan hilang. Publik merasa tidak yakin karena ia tidak bisa meyakinkan publik ini melalui perkataannya.Ya tentu akan berbeda kalau kita sudah mengenal dekat. Tapi, jika kita tidak mengenalnya tentu kita akan menilai dari apa yang sudah kita peroleh bukan?

Oleh karena itu, cara bicara itu bisa memberikan pengaruh terhadap penilaian tentang diri kita. Ketika kamu bertemu dengan orang yang selalu berkata kasar, tentu penilaian buruk yang pertama kali muncul dalam pikiran mu terhadapnya. Begitupun juga sebaliknya. Orang-orang yang baik tentu akan mengeluarkan perkataan-perkataan yang baik dari mulutnya.

Jadi, kamu mau menciptakan gambaran dirimu seperti apa?


Kevin Ardivan
Pembelajar dari Universitas Kehidupan

0 comments:

Posting Komentar

My Instagram