Pesawat Kertasku, Impianku

Pesawat Kertasku, Impianku~!
Di saat menjelang pertengahan malam hari, tamu yang selalu datang di setiap malam kali ini tetap setia datang menemaniku. Ya, dialah si insomnia. Tidak semua orang menginginkan bisa terus terjaga di tengah malam. Hingga akhirnya muncul notif youtube dari sebuah channel di smartphone ku. Oh, ternyata notif dari sebuah channel yang meng-upload lagu lamanya dalam bentuk lyric video. Dikarenakan tidak tahu akan melakukan apa, akhirnya ku buka saja notifnya.

Lagu ini sudah familiar di telingaku. Pernah ku jadikan lagu ini sebagai backsound dari sebuah video ulang tahun yang ku buat khusus untuk diriku sendiri disaat memasuki usia seperlima abad. Tak jarang juga lagu ini datang mengingatkan ketika diri merasa sedang terjatuh dengan cara memberitahukan bahwa perjalanan hidup tidak semulus jalanan aspal. Judul lagu ini adalah Pesawat Kertas 365 Hari dari JKT48.

Terlepas dari lagu ini dibawakan oleh siapa, pesawat kertas yang membawakan impian, ci(n)ta, angan, dan harapan dipilih sebagai sebuah objek utama dalam lagu ini. Perjalanan impian manusia digambarkan seperti perjalanan sebuah pesawat kertas. Harapan untuk menjalani hari-hari ke depan juga digambarkan lewat lagu ini. Dimulai dengan mengawali hari dengan doa, di dalam mimpi bisa mengendalikan diri sendiri, sebuah peringatan bahwa manusia tidak akan mungkin ditinggalkan sendirian, dan meski belum bisa melipat pesawat kertas saat ini suatu saat pasti akan terbang pesawat kertas yang kamu impikan.

Ketika kita ingin menerbangkan sebuah pesawat kertas, pasti terbayang di dalam benak kita tujuan yang di datangi oleh pesawat kertas kita. Sebelum memulai menerbangkan pesawat kertas impian ini, tentu akan ada tahapan-tahapan yang akan mewarnai persiapan pesawat ini sebelum bisa lepas landas untuk menjemput impiannya. Dimulai dengan pemilihan kertas yang terbaik untuk jenis pesawat kertas yang ingin kita buat, lalu dilanjutkan melipat kertas dengan teknik melipat yang terbaik, hingga sampai ke tahap akan menerbangkan pesawat impian ini.

Setelah pesawat tersebut jadi, apakah pesawat tersebut akan langsung sampai ke tujuan yang kita inginkan? Sayangnya tidak semudah itu. Tentu diantara kita sudah ada yang pernah memainkan sebuah pesawat kertas bukan? Apakah pesawat yang kamu lipat itu akan dapat menggapai ekspetasimu dalam satu percobaan saja? Tentu tidak, terlebih dirimu dan diriku hanyalah seorang amatiran yang hanya tau dasar melipat pesawat kertas. Lalu apa yang akan kamu lakukan? Ada yang mencoba melipat ulang pesawat kertasnya, ada juga yang mencoba melempar lagi pesawat kertasnya, bahkan ada juga yang langsung membuang pesawat kertasnya.

Ada beberapa poin yang bisa ditangkap dari lagu ini
1.  HAL BAIK ITU ADA DI SEKITAR KITA
Terkadang manusia suka merasa bahwa dirinya sendirian, tidak ada yang peduli, tidak dianggap, dan lain sebagainya. Hal-hal negatif ini secara tanpa sadar membuat mata kita tertutup dengan hal-hal baik yang ada disekitar kita. Contoh simpelnya saja, ketika ada manusia yang merasa dirinya gagal atau mungkin bernasib beda, banyak mereka yang menyalahkan takdir itu. Padahal tanpa disadari, dibalik nasib yang kurang beruntung tersebut sebenarnya banyak hal-hal yang baik di baliknya. Terasa bukan, satu keburukan ini sebenarnya menutupi kebaikan-kebaikan lain yang bertebaran disekitar kita? Oleh karena itu kita perlu bisa menanggapi sesuatu yang buruk itu dengan sudut pandang yang baik agar kebaikan-kebaikan itu senantiasa terlihat oleh kita.


2. SABAR, PERJALANAN HIDUPMU TIDAK SAMA DENGAN YANG LAIN
Cermati lirik berikut:
Walau tak tahu cara melipatnya
Suatu saat pasti akan berhasil lalu terbang 
Kita merasa takut ketika tidak tahu harus berbuat apa. Rasa takut itu akan semakin bertambah ketika melihat orang lain berhasil mendahului kita. Padahal kita semua tahu bahwa perjalanan hidup kita berbeda dengan yang lain. Oleh karenanya, ketika kamu sedang menghadapi masalah, sabar adalah salah satu tindakan yang tepat untuk kamu lakukan.

3. NIKMATI PROSES
Tidak sedikit dari kita juga merasa minder dari pencapaian orang lain. Padahal yang menjadi pertanggung jawaban di suatu hari nanti bukanlah hasil yang kamu dapatkan, melainkan bagaimana proses kamu bisa menggapai hasil tersebut. Jika kamu tidak bisa menikmati proses yang ada tentu kamu akan memakai berbagai cara agar bisa menggapai hasil yang kamu mau. Oleh karena itu, nikmati saja prosesnya. Semua akan indah pada waktunya kok.
Jangan bandingkan jarak terbangnya
Tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Karena itulah satu hal yg penting
Selalu sesuai kata hati
Pada akhirnya perjalanan hidup ini tidak semudah itu. Banyak terpaan angin yang akan terus menghantam pesawat impian ini. Tegar itu harus, sabar apa lagi. Ketika memang kamu merasa bingung, percayalah akan datang banyak kebaikan yang akan menghampirimu.

Jadi, sudahkah kamu menerbangkan pesawat kertasmu hari ini?


Pangkalan Kerinci, 14 Mei 2020
Kevin Ardivan 

0 comments:

Posting Komentar

My Instagram