Pokemon: Ya, Aku Suka !

Gambar diambil saat siang hari di waktu senggang di hari sabtu. Lokasi di lapangan softball IPB, depan gedung asrama C4

"Pokémon gotta catch 'em all!"
"Pokémon get da ze~!"

Sekitar dua minggu yang lalu saya baru saja menyelesaikan anime "Pokémon The Series: XY". Series tersebut berhasil saya tamatkan dalam kurung waktu lebih kurang 2-3 bulan. Sebelumnya juga saya sudah tamatkan series black & white. Kalau dilihat dari tanggal selesainya, memang saya sudah ketinggalan jauh. Series XY sudah selesai sejak tahun 2016 dan series black & white sudah selesai sejak 2013. Saya baru saja selesai menonton kedua series ini ketika sudah kuliah. Telat tidak masalah, setidaknya saya tahu.

Ketika SMP saya sudah menonton sebagian episode dari series black and white. Lalu, ditengah jalan, komputer saya rusak dan akhirnya saya berhenti untuk melanjutkan series black and white. Beberapa tahun kemudian, tepatnya saat semester pertama perkuliahan, terlintas di pikiran saya tentang pokemon dan saya tiba-tiba teringat series black and white yang tidak selesai saya tonton. Akhirnya, saya memutuskan untuk memulai dari awal series ini. Ada sekitar lebih kurang 142 episode dan semuanya selesai sebelum UAS dimulai. Lalu, setelah UAS saya melanjutkan menonton series selanjutnya dan dalam series XY ini saya selesaikan pada bulan Februari. Saat ini sedang berlangsung series Sun & Moon, dan saat ini sudah sampai episode 64.

Ada beberapa orang berpandangan bahwa menyukai pokemon ini kurang cocok untuk orang seusia saya. Saya tidak mengatakan bahwa anggapan itu salah dan saya tidak mengatakan sepenuhnya bahwa anggapan itu benar. Cocok atau pun tidak itu kembali kepada masing-masing dari kita, bagaimana cara kita memandang dan menyikapi suatu hal. Saya menganggap bahwa pokemon ini cocok untuk banyak kalangan. Bahkan, anime lebih memiliki nilai moral yang tinggi dibandingkan sinetron-sinetron yang banyak ditayangkan di televisi. Ya, ini anggapan saya saja.

Ada nilai-nilai yang saya dapatkan dari tayangan ini, diantaranya adalah pantang menyerah. "Aku takkan menyerah hingga akhir", kalimat ini menjadi motto bagi seorang Ash/Satoshi,tokoh utama dalam setiap series pokemon, bahkan mottonya ini juga bisa menginspirasi tokoh yang lain. Sangat banyak sekali adegan di berbagai episode dimana keadaan Ash/Satoshi tidak diuntungkan. Dipikirannya hanya ingin mengejar sebuah kemenangan. Gaya bertarungnya yang selalu memanfaat kesempatan kecil yang ada selalu memunculkan berbagai macam cara yang ada dipikirannya untuk mengalihkan keadaan sulit tersebut. Nilai-nilai yang lain? silahkan tonton saja seriesnya. hehe. Sampai saat ini saya masih gemar dengan pokemon ini dan saat ini juga saya masih mengikuti series terbarunya, Sun & Moon. 

Pada akhirnya, setiap tayangan selalu ada pesan ingin disampaikan kepada penonton. Baik ataupun buruk, kembali kepada bagaimana kita menerima, mengolah, dan menyikapi pesan yang kita dapatkan.

0 comments:

Posting Komentar

My Instagram